Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump akan Ajukan ‘Usul yang Masuk Akal’ kepada Kongres


Presiden Donald Trump menyampaikan Pidato Kenegaraan kepada Kongres di Capitol Hill, Washington, D.C. di saat yang sama Wapres Mike Pence and Ketua DPR, Nancy Pelosi, D-Calif., menyimak, Selasa, 5 Februari 2019 (foto: AP Photo/Andrew Harnik)

Presiden Trump mengatakan ia akan mengajukan ‘usul yang masuk akal’ kepada Kongres guna mengakhiri apa yang disebutnya sebagai krisis di perbatasan dengan Meksiko termasuk tembok pencegah.

‘Saya akan membuatnya dibangun’ tandasnya dalam pidato kenegaraan Selasa malam di hadapan sidang gabungan Kongres. Penegasan itu membuat anggota fraksi Republik berdiri sebaliknya anggota fraksi Demokrat tetap duduk.

‘Di mana tembok berdiri, di situ orang yang masuk gelap ke Amerika bakal berkurang’ katanya. Tembok itu berupa jeruji besi bukan terbuat dari beton. Menurutnya, penghalang yang kuat telah menghentikan penyeberangan gelap dan menyelamatkan jiwa di kota San Diego dan El Paso.

Kemudian Presiden Trump mengatakan, dewasa ini semakin banyak perempuan dalam angkatan kerja dari sebelumnya dan bertambah banyak perempuan yang jadi anggota Kongres daripada sebelumnya – dan ucapannya ini mendapat sambutan yang terbesar.

Ia juga mengumumkan bahwa pemerintah tengah meluncurkan inisiatif pertama yang pernah ada di semua tingkat pemerintah yang fokus pada pemberdayaan ekonomi bagi perempuan di negara berkembang.

Dan katanya ada satu prioritas yang paling diutamakan yaitu menyingkirkan yang disebutnya ‘kebijakan perdagangan yang mencelakakan’. Ia mengatakan sudah menjelaskan kepada China bahwa perbuatan China bertahun-tahun mencuri hak cipta dan lapangan kerja dan kekayaan orang Amerika sudah berakhir. Tarif 250 miliar dolar terhadap China, katanya, menghasilkan miliaran dolar sebulan kepada Departemen Keuangan dari satu negara yang tidak pernah memberi Amerika satu sen pun. [al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG