Tautan-tautan Akses

Presiden Slovakia Serukan Perubahan Pemerintah atau Pemilu


Presiden Slovakia Andrej Kiska berbicara kepada media setelah pembicaraan dengan Presiden Austria Alexander van der Bellen di Istana Hofburg di Wina, Austria, Senin, 19 Februari 2018.

Presiden Slovakia Andrej Kiska, Minggu (4/3), menyerukan perubahan yang perlu dalam pemerintahan atau pemilu cepat pasca pembunuhan Jan Kuciak, wartawan investigasi dan tunangannya.

Kiska juga mengatakan akan melakukan pembicaraan dengan para pemimpin negara dalam beberapa hari ke depan tentang cara membangun kembali kepercayaan rakyat, yang dikejutkan oleh pembunuhan Kuciak dan prihatin atas kebebasan media dan korupsi.

Baca: Wartawan Slowakia Dibunuh Karena Tulis Laporan Terkait Mafia Italia

Lawan politik Kiska, Perdana Menteri Robert Fico, menolak usul presiden.

Kuciak dan tunangannya ditemukan tewas pekan lalu di rumah mereka di bagian timur Kota Bratislava. Menurut penyidik, kematian Kuciak "kemungkinan besar" terkait isi laporannya. Kematian Kuciak menandai pertama kali seorang wartawan meninggal di Slovakia terkait tugasnya.

Laporan Kuciak, yang diterbitkan media tempatnya bekerja setelah kematiannya pekan lalu, memaparkan dugaan hubungan antara tersangka anggota keluarga Ndrangheta kejahatan terorganisir Italia di Slovakia, dan dua pembantu senior Fico. [ka/al]

XS
SM
MD
LG