Tautan-tautan Akses

Presiden Rumania Akui Belum Siap Pimpin Uni Eropa


Presiden Rumania Klaus Iohannis

Presiden Rumania Klaus Iohannis hari Senin (12/11) mengatakan negaranya belum siap mengambil-alih rotasi jabatan sebagai presiden Uni Eropa pada 1 Januari 2019 dan menyerukan pemerintahnya untuk mundur.

Presiden Klaus Iohannis mengatakan “ada hal-hal yang telah keluar dari jalur” dan ada “kebutuhan politik untuk menggantikan posisi pemerintahnya,” yang disebutnya sebagai “kecelakaan demokrasi Rumania.”

Politikus yang kurang dikenal, Viorica Dancila, diangkat menjadi perdana menteri pada Januari lalu. Dancila hanya memiliki sedikit kekuasaan eksekutif dibanding Liviu Dragnea, ketua Partai Sosial Demokrat yang pada dasarnya menjalankan pemerintahan. Dragnea tidak dapat menjadi perdana menteri karena adanya dugaan kecurangan pemilu.

Menteri Urusan Eropa Victor Negrescu yang bertugas mempersiapkan Rumania mengambil-alih rotasi jabatan presiden Uni Eropa, secara tidak terduga mengundurkan diri minggu lalu. Pejabat-pejabat pemerintah Rumania tampaknya tidak puas dengan kinerja Negrescu dalam membangun hubungan baik dengan eksekutif Uni Eropa. (em)

Recommended

XS
SM
MD
LG