Tautan-tautan Akses

Presiden Preval Desak Rekonstruksi Mencakup Seluruh Wilayah Haiti


Rene Preval mengatakan akan “sangat keliru” membangun ibukota Haiti Port-au-Prince, namun mengabaikan daerah-daerah lainnya.

Presiden Haiti Rene Preval mengatakan akan menjadi “sangat keliru” membangun kembali ibukota Haiti Port-au-Prince seperti keadaan sebelum gempa hebat bulan Januari lalu yang menewaskan sekurangnya 217.000 orang dan membuat satu juta orang lainnya kehilangan tempat tinggal.

Presiden Preval hari Selasa mengatakan tugas yang sekarang bukan hanya menghidupkan kembali Port-au-Prince, tapi untuk membangun dan mengembangkan provinsi-provinsi di Haiti. Ia mengeluarkan komentarnya itu dalam konferensi pers gabungan di Washington bersama Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton.

Pemimpin Haiti itu mengatakan kebijakan nasional di masa lalu sangat berpusat pada Port-au-Prince dan mengabaikan provinsi-provinsi. Ia mengatakan perpindahan besar-besaran ke ibukota menyebabkan praktek-praktek pembangunan rumah yang buruk, sehingga mengakibatkan jumlah besar korban karena gempa.

Dalam kesempatan terpisah Menteri Luar Negeri Clinton mendesak Haiti untuk mengadakan pemilihan legislatif secepatnya. Ia mengatakan pemilihan baru merupakan kunci kestabilan dan keabsahan pemerintahannya



XS
SM
MD
LG