Tautan-tautan Akses

Presiden Polandia Duda Mengawali Masa Jabatan ke-2


Presiden konservatif Polandia Andrzej Duda (kiri) dan Ibu Negara Agata Kornhauser-Duda, meninggalkan gedung parlemen usai upacara pengambilan sumpah Duda untuk masa jabatan lima tahun kedua di Warsawa, Polandia, 6 Agustus 2020.

Presiden Polandia yang berhaluan konservatif, Andrzej Duda, telah diambil sumpahnya untuk masa jabatan kedua di hadapan para anggota parlemen.

Sebagian besar legislator oposisi dan sejumlah mantan pemimpin tidak menghadiri upacara hari Kamis itu, karena pembatasan-pembatasan terkait COVID-19 dan untuk menunjukkan ketidaksetujuan terhadap apa yang mereka katakan sebagai diabaikannya konstitusi oleh Duda pada masa jabatan pertamanya, dan penerimaan Duda yang hampir sepenuhnya terhadap kebijakan-kebijakan partai sayap kanan yang berkuasa, yang membuat Polandia berselisih dengan para pemimpin Uni Eropa.

Dalam pidato di parlemen seusai diambil sumpah jabatannya, Duda mengatakan Polandia harus memperkuat hubungan Eropa-Atlantik dan bekerja sama dengan sekutu-sekutu NATO, khususnya AS.

Pekan lalu, Kementerian Pertahanan Polandia mengumumkan AS akan membangun kehadiran militer permanen di Polandia dengan menempatkan sekitar 1.000 tentara.

Banyak kursi bagi anggota oposisi kursi, kecuali bagi beberapa anggota yang mengenakan baju dan masker dalam warna-warni pelangi dan mengangkat salinan konstitusi Polandia pada akhir pidato Duda.

Duda meraih 51,03 persen suara dalam pemilu putaran kedua 12 Juli lalu sementara penantangnya, Wali Kota Warsawa yang berhaluan liberal, Rafal Trzaskowski, meraih 48.97 persen suara. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG