Tautan-tautan Akses

Duda Klaim Kemenangan dalam Pilpres Polandia


Presiden Polandia Andrzej Duda menunjukkan tanda kemenangan setelah pemungutan suara usai di Lowicz, Polandia, 28 Juni 2020.
Presiden Polandia Andrzej Duda menunjukkan tanda kemenangan setelah pemungutan suara usai di Lowicz, Polandia, 28 Juni 2020.

Petahana Andrej Duda telah menang dalam pemilihan presiden Polandia. Dengan 99 persen suara telah dihitung dalam pemilihan putaran ke-dua pada hari Minggu, Duda meraih 51,2 persen suara. Kemenangan tipis itu diumumkan Senin pagi.

Duda yang berhaluan kanan dan Wali Kota Warsawa yang berhaluan liberal Rafal Trzaskowski keduanya meraih sekitar 50 persen suara pada Minggu larut malam dengan satu exit poll oleh stasiun televisi pemerintah Polish TV menunjukkan Duda unggul sangat tipis.

Presiden mengklaim kemenangannya pada Minggu malam. “Terima kasih kepada semua warga Polandia yang memilih saya dan memberikan suara mereka. Saya ingin berterima kasih kepada Anda semua dengan segenap hati,” katanya dalam suatu rapat umum di Pultusk.

Hasil akhir diperkirakan akan keluar pada Senin (13/7) atau Selasa (14/7), tapi Duda mengklaim kemenangan berdasarkan jajak pendapat itu, Minggu malam (12/7).

"Terima kasih kepada rakyat Polandia yang memilih suara dan memberi suara mereka. Saya ingin berterima kasih kepada kalian dari lubuk hati yang paling dalam," katanya kepada massa yang berkumpul di Pultusk.

Trzaskowski mengatakan kepada para pendukungnya di Warsawa bahwa setelah semua suara selesai dihitung, dia pasti akan menang.

Partai Hukum dan Kehakiman berhaluan kanan-jauh yang menaungi Duda berusaha untuk memperbesar mayoritas di parlemen dan memberlakukan kebijakan sosial, yudisial dan imigrasi yang konservatif. Banyak pihak di Uni Eropa mengkritisi kebijakan semacam itu, menyebutnya anti-demokratis.

Kebijakan-kebijakan itu termasuk janji Duda untuk melarang kelas mengenai hak-hak kaum gay di sekolah. Dia pernah menyebut homoseksualitas lebih buruk dibanding komunisme.

Trzaskowski, dari partai Platform Sipil, berkampanye dengan janji mempertahankan program kesejahteraan yang populer, tapi mengatakan akan memblokir segala legislasi yang katanya tidak konstitusional. Dia juga mengatakan akan memulihkan hubungan baik dengan Uni Eropa. [vm/ft], [uh/ab]

XS
SM
MD
LG