Tautan-tautan Akses

Presiden Mesir Janjikan Dukungan Militer kepada Negara Teluk jika 'Terancam'


Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi
Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi

Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi menjanjikan dukungan militer kepada negara-negara Arab Teluk, jika keamanan mereka terancam, kata harian negara Al-Ahram, hari Rabu (7/11).

"Jika keamanan Teluk secara langsung terancam, Mesir akan mengerahkan pasukannya untuk mendukung saudara-saudaranya," kata Sisi seperti dikutip dalam pertemuan dengan wartawan di resor Laut Merah, Sharm el-Sheikh.

"Mesir siap jiwa dan raga di sisi saudara-saudara kami di Teluk," katanya, tanpa menyebut khusus sumber ancaman dari luar itu.

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab telah mengucurkan miliaran dolar ke dalam ekonomi Mesir sejak militernya yang waktu itu dipimpin oleh Sisi menggulingkan presiden Islamis, Mohamed Morsi pada 2013.

Bersama dengan Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Arab Saudi, Mesir memutuskan hubungan diplomatik dan ekonomi dengan Qatar pada Juni 2017, menuduh Qatar terkait dengan kelompok ekstrimis dan terlalu dekat dengan Iran, tuduhan yang disangkal Qatar.

Mesir juga anggota koalisi pimpinan Saudi yang sejak 2015 memerangi pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman. (ps/al)

XS
SM
MD
LG