Tautan-tautan Akses

Presiden Lebanon Tiba di Mesir, yang Pertama Baginya dalam 55 Tahun


Presiden Lebanon yang baru terpilih, Michel Aoun (tengah), berpidato di sebelah Jurubicara Parlemen Nabih Berri (kanan) saat ia bersumpah setelah terpilih di parlemen Lebanon (31/10). Beirut, Lebanon. (foto: AFP PHOTO/Joseph Eid)

Untuk pertama kalinya sejak pelantikannya sebagai presiden, Presiden Lebanon Michael Aoun telah tiba di Mesir.

Presiden Lebanon Michael Aoun telah tiba di Mesir untuk pertama kalinya sejak pelantikannya sebagai presiden, tidak lama setelah membela peranan bersenjata kelompok militan Hezbollah.

Kunjungan Aoun hari Senin adalah yang pertama bagi mantan panglima angkatan bersenjata itu ke Mesir dalam 55 tahun. Ia terpilih bulan Oktober setelah jabatan presiden negara itu lowong selama 29 bulan.

Faksi-faksi politik Lebanon sangat terpecah, dan beberapa, seperti partai Aoun dan Hezbollah, bersekutu dengan Iran, dan lawan-lawan mereka berpihak kepada Arab Saudi. Ia bertemu dengan Presiden Mesir Abdel-Fattah el-Sissi.

“Selama angkatan darat Lebanon tidak cukup kuat bertempur melawan Israel . . . kami merasa membutuhkan eksistensinya,” kata Aoun kepada jaringan televisi Mesir CBC hari Minggu mengenai Hezbollah, dan menambahkan “Hezbollah berperan sebagai pelengkap angkatan darat Lebanon.” [gp]

XS
SM
MD
LG