Tautan-tautan Akses

Saudara Perempuan Pemimpin Korut Akan Hadir di Olimpide Musim Dingin


Kim Yo-jong, saudara perempuan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, akan menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, pekan ini. (Foto: dok).

Saudara perempuan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, akan melawat ke Korea Selatan, pekan ini, untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengatakan, Rabu (7/2), Kim Yo-jong, seorang anggota senior Partai Buruh yang berkuasa di Korea Utara, akan menjadi bagian dari delegasi tingkat tinggi yang akan tiba Jumat. Delegasi itu sendiri akan dipimpin Kim Yong Nam, kepala negara seremonial rezim Korea Utara.

Kim Yo-jong, yang diyakini berusia akhir 20-an, dinaikkan jabatannya oleh Kim Jong-un Oktober lalu sebagai anggota bergilir politbiro, badan pembuat keputusan Partai Buruh.

Rencana kedatangan Kim Yo-jong ke Korea Selatan muncul seiring makin banyak seniman penghibur Korea Utara yang tiba di Korea Selatan untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Pyeongchang.

Sebuah tim pemandu sorak perempuan Korea Utara yang beranggotakan 229 orang tiba di Korea Selatan, Rabu. Mereka menyeberangi zona demiliterisasi yang memisahkan kedua Korea sebelum tiba di sebuah kota kecil di luar Pyeongchang, Mereka adalah bagian dari delegasi beranggotakan 280 orang yang mencakup menteri olahraga Korea Utara dan sebuah tim taekwondo yang akan menunjukkan kebolehan mereka pada upacara pembukaan Olimpiade.

Korea Utara pernah mengirim tim pemandu sorak ke kegiatan-kegiatan olahraga di mana Korea Selatan menjadi tuan rumahnya 2002, 2003 dan 2005. Seorang anggota tim pemandu sorak 2005 akan menjadi istri Kim Jong-un. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG