Tautan-tautan Akses

Presiden Komisi Eropa Desak Iran dan Israel untuk Tahan Diri


Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen berbicara dalam konferensi media pada KTT Uni Eropa di Brussels, Kamis, 18 April 2024. (AP/Harry Nakos)
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen berbicara dalam konferensi media pada KTT Uni Eropa di Brussels, Kamis, 18 April 2024. (AP/Harry Nakos)

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen menyerukan kepada “semua pihak” untuk menahan diri “dari tindakan lebih lanjut” di kawasan Timur Tengah.

Komentar itu disampaikan setelah Israel melancarkan serangan rudal yang menarget unit pertahanan udara di Suriah selatan, dan menyebabkan kerusakan material, lapor kantor berita pemerintah SANA mengutip pernyataan militer, Jumat (19/4).

Pesawat-pesawat tempur terlihat ketika suara keras terdengar dan sejumlah drone dilaporkan terpantau di dekat sebuah pangkalan udara dan lokasi nuklir utama Iran di Isfahan pada Jumat pagi.

Wilayah Suriah itu berada tepat di sebelah barat Isfahan, sekitar 1.500 kilometer jauhnya, dan di sebelah timur Israel.

Iran mengoperasikan sistem pertahanan udaranya pada Jumat pagi setelah dilaporkan terjadi ledakan di dekat pangkalan udara utamanya dan lokasi nuklir di mana drone terlihat.

“Sangat penting agar kawasan ini tetap stabil,” tambahnya.

Imbauan itu diamini oleh Perdana Menteri Finlandia Petteri Orpo dalam kunjungan keduanya ke titik penyeberangan perbatasan di Lappeenranta, Finlandia. [ab/lt]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG