Tautan-tautan Akses

Presiden Jokowi Ikut Pecahkan Rekor Poco-poco


Presiden Jokowi menari poco-poco di Lapangan Silang Monas, Minggu, 5 Agustus 2018 untuk ikut pecahkan rekor.

Puluhan ribu orang di Jakarta hari Minggu (5/8) menari bersama untuk berupaya memecahkan rekor dunia Guinnes World Records untuk tari Poco-Poco dengan peserta terbanyak di dunia.

Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah, serta sejumlah pejabat ikut meramaikan acara yang diikuti oleh lebih dari 65 ribu peserta di Lapangan Silang Monas, yang mengular hingga ke kawasan di sekitarnya, antara lain Kebon Sirih, Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia dan Simpang Susun Semanggi.

Sebagai salah satu syarat untuk memecahkan rekor di Guinness World Records, sebelum acara dimulai, para peserta yang terdiri dari anggota TNI-Polri, pelajar, mahasiswa, perwakilan lintas agama hingga masyarakat melakukan prosesi gladi bersih. "Selamat berpoco-poco," ujar Presiden Jokowi, memberi semangat kepada para peserta. "Semoga kita semua sehat, rakyat kita sehat, negara kita kuat," tambahnya.

Promosi Asian Games dan Asian Paragames, 65.000 Orang Menari Poco-Poco

Pemecahan rekor dunia tari Poco-Poco pun dimulai tepat jam 06.46 WIB dengan penekanan tombol sirine oleh Ibu Negara Iriana, Mufidah Jusuf Kalla, Menko PMK Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek secara bersama-sama.

Pemecahan rekor ini dilakukan sebagai bagian promosi Asia Games dan Asian Paragames yang akan dilangsungkan di Jakarta dan Palembang mulai 18 Agustus mendatang.

"Pemecahan rekor dunia Poco-Poco ini diharapkan dapat menggerakkan tradisi dan budaya Indonesia untuk dinikmati dan dipelajari seluruh masyarakat dunia. Juga mengajak anak bangsa untuk terus mencintai dan melestarikan nilai luhur, tradisi dan keagungan yang telah dilakukan pendiri bangsa," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi kepada wartawan seusai acara itu.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menari poco-poco, Minggu, 5 Agustus 2018.
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla menari poco-poco, Minggu, 5 Agustus 2018.

"Harmoni Indonesia" Kuatkan Semangat Persatuan

Selepas menghadiri acara itu, Presiden Joko Widodo dan rombongan langsung menuju ke Gelora Bung Karno GBK untuk mengikuti kegiatan menyanyikan lagu-lagu nasional secara bersama-sama, dalam acara yang disebut sebagai "Harmoni Indonesia." Acara ini dilangsungkan tidak saja untuk menyemarakkan peringatan 73 tahun kemerdekaan Indonesia, tetapi juga menyemangati atlet-atlet yang akan bertarung di Asian Games dan Asian Paragames.

"Kita ingin perhelatan besar Asian Games 2018 sukses… termasuk sukses dengan prestasi atlet-atlet kita," ujar Jokowi. Lebih jauh presiden berharap "Harmoni Indonesia" dapat semakin mempererat persatuan dan kerukunan bangsa.

48 Kota di Indonesia & 9 Kota di Luar Negeri Ikut Menyanyi Bersama

Lima lagu utama yang dinyanyikan bersama-sama adalah "Satu Nusa Satu Bangsa," "Garuda Pancasila," "Rayuan Pulau Kelapa," "Bagimu Negeri," dan “Hari Merdeka.” Konduktor terkenal Addie MS memimpin langsung acara yang dipusatkan di Gelora Bung Karno Jakarta, tetapi dilakukan serentak di 48 kota di seluruh Indonesia dan sembilan kota di luar negeri lewat fasilitas web-conference. Tiga puluh delapan perguruan tinggi dengan satu juta mahasiswa di seluruh Indonesia juga ikut bernyanyi bersama. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG