Tautan-tautan Akses

Presiden Iran Temui PM Jepang di Tokyo


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Iran Hassan Rouhani di Tokyo, Jepang, 20 Desember 2019.

Presiden Iran Hassan Rouhani mengunjungi Tokyo untuk bertemu dengan PM Jepang Shinzo Abe, Jumat (20/12), dengan harapan meredakan kebuntuan nuklir antara Teheran dan Washington serta mengurangi ketegangan di Timur Tengah.

Ini adalah lawatan pertama seorang presiden Iran dalam 19 tahun dan berlangsung sebelum Jepang diperkirakan akan mengumumkan rencana mengirim pasukan ke kawasan untuk memastikan keselamatan kapal-kapal pengangkut minyak Jepang.

Jepang ingin memulihkan stabilitas di Timur Tengah, sumber lebih dari 80 persen minyaknya.

Jepang, sekutu AS, yang secara tradisional memiliki hubungan bersahabat dengan Iran, juga ingin menjadi mediator antara Teheran dan Washington. Abe telah mengatakan peran semacam itu diharapkan oleh masyarakat internasional.

Rouhani, yang sebelumnya berada di Malaysia untuk mengikuti sebuah konferensi Islam, tiba di Tokyo hari Jumat siang guna melakukan kunjungan semalam untuk bertemu Abe dan bersantap malam dengannya, jelas para pejabat Kementerian Luar Negeri Jepang.

Ketegangan meningkat antara Teheran dan Washington sejak Presiden Donald Trump tahun lalu memutuskan untuk mundur dari perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara berpengaruh dunia.

Abe, yang telah membangun hubungan persahabatan dengan Trump, mengunjungi Iran pada Juni lalu dalam upaya yang tidak berhasil untuk mendorong Iran dan AS mengadakan pembicaraan guna meredakan ketegangan. Sanksi-sanksi AS terhadap Iran, yang menghambat Teheran dari menjual minyak mentahnya ke luar negeri, telah melumpuhkan perekonomian Iran. Teheran secara bertahap mengurangi komitmennya terhadap perjanjian nuklir.

Pemerintah Abe dijadwalkan mengumumkan rencana yang banyak diperdebatkan mengenai pengiriman pasukannya ke Timur Tengah untuk memastikan keselamatan tanker-tanker minyak Jepang. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG