Tautan-tautan Akses

Presiden Brazil Tunjuk Menteri Kesehatan ke-4 Sejak Pandemi


Presiden Brazil Jair Bolsonaro di Istana Planalto di Brasilia, Brazil, 24 Februari 2021. (Foto: Reuters)

Presiden Brazil Jair Bolsonaro, Senin (15/3), menetapkan menteri kesehatan yang keempat sejak dimulainya pandemi COVID-19, sementara negara itu terus menderita karena penyakit itu setelah serangkaian kekeliruan yang dikecam oleh para pakar kesehatan masyarakat.

Marcelo Queiroga, Ketua Perkumpulan Kardiologi Brazil, akan menggantikan Eduardo Pazuello, jenderal aktif dengan keahlian dalam bidang logistik yang menjadi menteri kesehatan pada Mei lalu meskipun tidak memiliki pengalaman apapun dalam bidang kesehatan.

Queiroga merupakan menteri kesehatan keempat Brazil sepanjang pandemi. Pazuello menjadi menteri kesehatan yang terlama menjabat di antara para pendahulunya selama pandemi ini.

Langkah ini merupakan tantangan terbaru bagi pemerintah negara terbesar di Amerika Selatan untuk menerapkan langkah-langkah efektif guna mengendalikan penyebaran virus atau bahkan menyepakati langkah mana saja yang diperlukan.

Brazil telah mencatat hampir 280 ribu kematian akibat virus corona, dan rata-rata mencatat lebih dari 1.800 kematian setiap hari. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG