Tautan-tautan Akses

Presiden Brazil Terima Hasil Tes Virus Corona 


Presiden Brazil Jair Bolsonaro di Istana Alvorada, Brasilia, 12 Mei 2020.(Photo by EVARISTO SA / AFP)

Presiden Brazil Jair Bolsonaro berharap mendapat hasil tes virus corona lagi pada hari Selasa (7/7), beberapa hari setelah menunjukkan gejala-gejala, termasuk demam.

Bolsonaro mengatakan kepada para pendukungnya bahwa hasil tes rontgennya menunjukkan paru-parunya “bersih.”

Bolsonaro sebelumnya telah meremehkan risiko yang ditimbulkan virus corona. Presiden Brazilitu pernah mengatakan kepada para pendukungnya bahwa karena ia atletis, ia tidak khawatir apabila terjangkit virus itu.

Bolsonaro mengatakan ia tidak akan merasakannya, mungkin merasakannya seperti flu ringan atau seperti kurang enak badan.

Sikap Bolsonaro yang tampak meremehkan kemungkinan dampak mematikan virus itu telah membuatnya menentang langkah-langkah pengamanan untuk mencegah penyebaran virus, seperti melemahkan undang-undang yang mewajibkan penggunaan masker di depan umum.

Kantor berita Associated Press menyebutkan, tiga tes Covid-19 Bolsonaro menunjukkan hasil negatif setelah beberapa stafnya didiagnosis terjangkit virus itu pada Maret lalu, seusai pertemuannya dengan Presiden AS Donald Trump di Mar-a-Lago, Florida.

Braziladalah salah satu negara yang paling parah terpukul oleh virus corona, dengan lebih dari 1,6 juta kasus dan lebih dari 65 ribu kematian akibat virus itu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG