Tautan-tautan Akses

Menkes Baru Brazil Ragukan Isolasi Mandiri untuk Perangi Virus Corona


Menteri Kesehatan Brazil, Nelson Teich saat menyampaikan pidato di Istana Planalto, Brasilia, Brazil, 17 April 2020. (AP Photo/Andre Borges)
Menteri Kesehatan Brazil, Nelson Teich saat menyampaikan pidato di Istana Planalto, Brasilia, Brazil, 17 April 2020. (AP Photo/Andre Borges)

Menteri kesehatan baru Brazil menyatakan keraguannya mengenai bagaimana para gubernur menggunakan data dalam memberlakukan langkah-langkah isolasi mandiri untuk mengatasi penyebaran virus corona. Ia mengatakan perlu ada model standar untuk menganalisis informasi.

Dalam pernyataan terbuka pertamanya sejak ia menjabat enam hari silam, Nelson Teich mengatakan, “Jika Anda mengeluarkan angka-angka ‘mengkhawatirkan’ dan orang-orang menganggap suatu model matematika sebagai kebenaran, Anda akan memperparah ketakutan dan memperburuk ekspektasi masyarakat.”

Teich tampaknya menggaungkan pandangan Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang memecat menteri kesehatan sebelumnya, antara lain karena pendahulu Teich itu mendukung langkah-langkah tinggal di rumah yang ditetapkan para gubernur. Bolsonaro mengatakan langkah tersebut berdampak buruk bagi perekonomian.

Teich mengatakan ia akan mengungkapkan model yang digunakan pemerintah dalam menangani wabah pekan depan. Ia mengatakan Brazilsedang mencari cara-cara untuk tidak menggunakan praktik isolasi sosial, meskipun berbagai laporan media menyatakan virus itu belum memuncak di negara itu.

Brazil melaporkan lebih dari 43 ribu kasus dan lebih dari 2.700 kematian akibat virus corona. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG