Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan Undang PM Pakistan untuk Memulai Dialog


Presiden Afghanistan Ashraf Ghani (kedua dari kanan) dan PM Pakistan Shahid Khaqan Abbasi di Herat, Afghanistan, 23 Februari 2018. (Foto: dok).

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dengan resmi mengundang Perdana Menteri Pakistan Shahid Abbasi berkunjung ke Kabul untuk memulai dialog menyeluruh guna meningkatkan hubungan bilateral, yang telah dirusak oleh perasaan saling tidak mempercayai dan curiga.

Ghani menyampaikan undangan itu, Sabtu (17/3) dalam pertemuan di istana presiden dengan Penasihat Keamanan Nasional Pakistan, Naseer Janjua.

Presiden Afghanistan itu bulan lalu menawarkan pembicaraan perdamaian tanpa syarat kepada Taliban dan juga berjanji akan melanjutkan dialog tingkat tinggi Kabul dengan Islamabad untuk memperbaiki kerjasama bilateral keamanan, politik dan ekonomi.

Ghani mengeluarkan kedua pengumuman itu dalam pidatonya kepada apa yang disebut pertemuan Proses Kabul lebih dari 25 negara dan organisasi internasional.

Namun, Taliban belum secara terbuka menanggapi tawaran itu, yang menimbulkan perkiraan bahwa pemberontak sedang mempertimbangkan apakah akan datang ke meja perundingan atau tidak, kata pejabat Pakistan dan Amerika.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani bertemu dengan NSA Pakistan Naseer Khan Janjua, 17 Maret 2018.
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani bertemu dengan NSA Pakistan Naseer Khan Janjua, 17 Maret 2018.

Pernyataan presiden yang dikeluarkan setelah pembicaraan hari Sabtu (17/3) mengatakan kedua pihak juga membicarakan cara-cara memperkuat kerjasama untuk mendorong lebih jauh tawaran dialog perdamaian Ghani kepada Taliban.

Disamping itu, pernyataan itu mengatakan ada tukar-menukar pandangan mengenai cara untuk bersama-sama melawan kegiatan teroris dan jaringan kejahatan lintas perbatasan.

Afghanistan dan Pakistan mempunyai perbatasan bersama sepanjang 2.600 kilometer yang sebagian tidak dijaga. [gp]

Recommended

XS
SM
MD
LG