Tautan-tautan Akses

Presiden Afghanistan: Taliban Tak akan Bertahan Tanpa Pakistan


Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengatakan dalam sebuah konferensi internasional yang diadakan di Amritsar, India Utara, bahwa pemberontak Taliban di negaranya tidak akan bertahan tanpa dukungan dari Pakistan. Ia meminta ditetapkannya dana untuk memerangi terorisme.

Merujuk pada peningkatan kekerasan di negaranya yang dilakukan kelompok-kelompok militan, pemimpin Afghanistan itu mengatakan, "Sebagian ada yang masih memberikan perlindungan untuk mendukung atau menerima jaringan ini. Seperti yang dikatakan baru-baru ini oleh Mullah Rahmatullah Kakazada, salah seorang tokoh kunci dalam gerakan Taliban, jika mereka tidak mendapat tempat berlindung di Pakistan, mereka tidak akan bertahan satu bulan pun."

Hubungan Afghanistan dengan Pakistan mengalami ketegangan sewaktu Afghanistan menghadapi serangan militan yang meningkat. Seraya menunjukkan bahwa negaranya memiliki jumlah tertinggi korban tewas warga sipil dan kematian terkait militer pada tahun lalu, Ghani mengatakan bahwa hal tersebut sama sekali tidak dapat diterima.

Dalam pernyataannya pada konferensi itu, pejabat tinggi kementerian luar negeri Pakistan Sartaj Aziz, mengatakan bahwa situasi keamanan di Afghanistan sangat rumit dan "mudah sekali" menyalahkan satu negara atas meningkatnya kekerasan belakangan ini. Aziz menyerukan suatu "pandangan yang menyeluruh dan objektif."

Konferensi Heart of Asia adalah prakarsa yang diluncurkan pada tahun 2011 untuk mendorong kerjasama ekonomi dan keamanan antara Afghanistan dan negara-negara tetangganya. Delegasi lebih dari 20 negara, termasuk pejabat tinggi kebijakan luar negeri Pakistan, Sartaj Aziz, menghadiri konferensi tersebut. [uh]

XS
SM
MD
LG