Tautan-tautan Akses

AS: Pengaruh Pakistan, Rusia, Iran Atas Taliban Ancam Kestabilan Afghanistan


Jenderal John Nicholson, yang memimpin misi NATO di Afghanistan, berbicara dalam sebuah upacara militer di Kabul. (Foto: Dok)

Para pejabat Pakistan berkeras pasukan keamanan mereka telah menghancurkan prasarana yang digunakan pemberontak Taliban.

Pengaruh buruk Pakistan, Rusia, dan Iran terhadap pemberontakan yang dipimpin Taliban, dan keprihatinan mengenai masa depan kestabilan politik pemerintah Afghanistan mengancam upaya internasional yang bertujuan untuk menstabilkan negara yang dilanda perang itu, menurut peringatan seorang panglima militer AS.

“Kita prihatin dengan pengaruh dari luar terhadap pemberontak atau kelompok-kelompok teroris di dalam Afghanistan, dimana mereka menikmati tempat berlindung atau dukungan dari pemerintah luar,” kata Jenderal John Nicholson, yang memimpin misi NATO di Afghanistan.

Ia mengatakan kepada para wartawan di Pentagon hari Jumat (2/12), jaringan teroris Haqqani, yang bertempur bersama Taliban, masih merupakan ancaman terbesar bagi Amerika, mitra koalisi dan Afghanistan dari tempat perlindungannya di negara tetangga Pakistan.

"Haqqani menyandera lima warga Amerika saat ini. Saya kira ini patut diingat sementara kita berpikir tentang jaringan Haqqani. Dan mereka masih merupakan keprihatinan utama kita, dan mereka menikmati tempat perlindungan di dalam wilayah Pakistan,” kata Nicholson menuduh.

Namun para pejabat Pakistan berkeras pasukan keamanan mereka telah menghancurkan prasarana yang digunakan pemberontak Taliban dan sekutu mereka untuk melakukan serangan lintas perbatasan dan usaha yang luas yang sedang dilakukan untuk mengamankan perbatasan Afghanistan yang tidak dikawal. [vm]

XS
SM
MD
LG