Tautan-tautan Akses

Portugal Belum Bisa Pastikan Kecelakaan Pesawat akibat Kebakaran Hutan


Sebuah pesawat pemadam kebakaran menyiramkan air di atas kobaran api kebakaran hutan di luar desa Pedrogao Grande, Portugis tengah (19/6).

Juru bicara Badan Perlindungan Penerbangan Sipil Portugal Vitor Vaz Pinto mengatakan belum bisa memastikan apakah pesawat penyiram kebakaran Canadair yang membantu memadamkan kebakaran hutan di negara itu, telah mengalami kecelakaan ketika beroperasi di bagian tengah Portugal.

Pinto mengatakan hingga Selasa sore (20/6) tiga belas pesawat terbang yang disewa badan itu untuk membantu memadamkan kebakaran, telah kembali. Tetapi sebenarnya ada 30 pesawat yang terlibat dalam upaya itu, sebagian diantaranya beroperasi berdasarkan perjanjian bilateral antara pemerintah Portugal dan negara-negara lain, sebagai bagian dari kerjasama perjanjian Uni Eropa.

Pesawat-pesawat dari Spanyol, Perancis, Italia, dan Maroko ikut membantu memadamkan kebakaran tersebut.

Pinto mengatakan pada wartawan, “Saya belum bisa memastikan atau menyangkal adanya pesawat yang hilang.”

Seorang pejabat di Kantor Urusan Kecelakaan Udara Portugal sebelumnya mengontak Associated Press dan beberapa media di Portugal bahwa Badan Perlindungan Penerbangan Sipil memberitahu mereka bahwa pesawat Canadair telah mengalami kecelakaan. Pinto mengatakan tim SAR sedang mencari reruntuhan pesawat di tengah bukit-bukit yang diselimuti asap akibat kebakaran hutan itu. [em/al]

XS
SM
MD
LG