Tautan-tautan Akses

Chile Berjuang Hadapi Kebakaran Hutan


Petugas pemadam kebakaran menggali saluran air dalam upaya menghentikan kebakaran hutan di Concepcion, Chile (25/1).

Api yang menyebar cepat dalam beberapa minggu terakhir itu telah memusnahkan sekitar 160 hektar hutan dan menewaskan delapan orang.

Kobaran api dari salah satu kebakaran hutan terburuk di Chile telah menghanguskan kota Santa Olga sementara jumlah korban tewas akibat kebakaran sejak bulan November meningkat menjadi sembilan orang.

Api melalap kantor pos, taman kanak-kanan dan sekitar 1.000 rumah hari Kamis (25/1) di kota yang letaknya 360 kilometer dari ibukota Chile.

Satu mayat ditemukan di bawah reruntuhan kota itu, di mana 6000 penduduk lainnya menyelamatkan diri. Pejabat belum mengidentifikasi korban yang tewas itu.

Gubernur provinsi Concepcion, Andrea Munoz mengatakan pihak berwenang juga menemukan mayat terbakar lainnya di dalam sebuah rumah yang hangus sekitar 140 kilometer dari Santa Olga di kota pesisir Concepcion.

Api yang menyebar cepat dalam beberapa minggu terakhir itu telah memusnahkan sekitar 160 hektar hutan dan menewaskan delapan orang, termasuk seorang pemadam kebakaran dan dua polisi yang tewas hari Rabu.

Kebakaran yang melanda Chile tengah dan selatan dipicu oleh angin kencang dan suhu udara yang panas serta kemarau panjang. [my/al]

XS
SM
MD
LG