Tautan-tautan Akses

Menlu AS Nyatakan Dukungan bagi Kedaulatan Georgia


Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, kiri, bertemu dengan Perdana Menteri Georgia Giorgi Gakharia, kanan, dan Menteri Luar Negeri Georgia David Zalkaliani, kedua dari kanan, di Kanselir Georgia di Tbilisi, Georgia, Rabu, 18 November 2020. (Foto: AP )
Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, kiri, bertemu dengan Perdana Menteri Georgia Giorgi Gakharia, kanan, dan Menteri Luar Negeri Georgia David Zalkaliani, kedua dari kanan, di Kanselir Georgia di Tbilisi, Georgia, Rabu, 18 November 2020. (Foto: AP )

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bertemu dengan para pemimpin Georgia hari Rabu (18/11) di Tbilisi, di mana ia menyatakan dukungan bagi kedaulatan Georgia dan penguatan institusi-institusi demokrasi.

Pada persinggahan terkininya dalam lawatan ke beberapa negara sekutu di Eropa dan Timur Tengah itu, Pompeo mengadakan pembicaraan dengan Presiden Georgia Salome Zourabichvili, diikuti pertemuan dengan PM Giorgi Gakharia dan Menteri Luar Negeri David Zalkaliani.

“Kerja sama AS dengan Georgia sangat penting, dan dukungan kami bagi kedaulatan Georgia dalam menghadapi pendudukan Rusia tidak goyah,” cuit Pompeo setelah pertemuan-pertemuan itu.

Rusia telah menduduki dua wilayah yang memisahkan diri dari Georgia, Ossetia Selatan dan Abkhazia, sejak perang singkat tahun 2008.

Gakharia menyebut hubungan AS-Georgia sebagai “kemitraan paling penting” bagi negaranya dan mengatakan Georgia menghargai dukungan AS terhadap kedaulatan teritorialnya.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan fokus Pompeo mencakup desakan untuk mencapai kemajuan lebih jauh dalam reformasi demokrasi di Georgia. Pada awal pertemuannya dengan Gakharia dan Zalkaliani, Pompeo menyebut perlunya pemilu bebas dan adil, selain kesempatan untuk mengadakan perdebatan yang sehat.

Dari Georgia, Pompeo dijadwalkan melanjutkan perjalanan ke Israel di mana ia akan berdiskusi dengan PM Benjamin Netanyahu mengenai perjanjian Israel baru-baru ini untuk menormalisasi hubungan dengan Bahrain dan Uni Emirat Arab.

Menteri Luar Negeri Abdullatif bin Rashid Alzayani memimpin kunjungan resmi pertama Bahrain ke Israel pada hari Rabu. Ia terbang dengan menumpangi pesawat komersial Gulf Air ke Tel Aviv, dan dijadwalkan mengadakan serangkaian pertemuan, termasuk pembicaraan trilateral bersama dengan Pompeo dan Netanyahu.

“Ada keinginan jelas pada kedua pihak untuk membuat kerja sama ini berhasil dan untuk menunjukkan ini dapat memiliki manfaat positif yang jelas bagi negara kami dan kawasan,” kata Alzayani dalam konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi.

Ashkenazi mengatakan kunjungan itu “menandai hari bersejarah lainnya di Timur Tengah.” Kawasan ini mengenal begitu banyak konflik dan perang, ujarnya. “Kini saatnya berdamai.”

Dalam lawatannya, Pompeo diperkirakan akan mengunjungi permukiman di kawasan Tepi Barat yang diduduki Israel.

Sebagian besar masyarakat internasional menganggap permukiman itu sebagai pelanggaran hukum internasional dan menjadi penghalang untuk mencapai perjanjian perdamaian dengan Palestina. Mengubah sikap yang dipegang selama puluhan tahun, Pompeo tahun lalu mengatakan bahwa AS tidak menganggap permukiman itu “tidak konsisten dengan hukum internasional.”

Perjalanan Pompeo selanjutnya adalah ke Uni Emirat Arab, Qatar dan Arab Saudi. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG