Tautan-tautan Akses

Politisi Florida Mengaku Bersalah Terkait Perdagangan Seksual


Fritz Scheller, pengacara Joel Greenberg, menjawab pertanyaan dari media dalam konferensi pers di Orlando, Florida, Senin, 17 Mei 2021.
Fritz Scheller, pengacara Joel Greenberg, menjawab pertanyaan dari media dalam konferensi pers di Orlando, Florida, Senin, 17 Mei 2021.

Joel Greenberg, seorang politisi Florida yang menjadi tokoh sentral dalam penyelidikan yang dilakukan Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) terhadap dugaan keterlibatan anggota Kongres Matt Gaetz dalam perdagangan seksual, pada Senin (17/5) mengaku bersalah atas enam dakwaan federal.

Ia juga setuju bekerja sama dengan jaksa penuntut umum sebagai bagian dari kesepakatan dengan tim pembelanya.

Joel Greenberg, yang merupakan mitra Matt Gaetz sejak lama, hadir di pengadilan federal di Orlando. Ia mengaku bersalah atas enam dari hampir 30 dakwaan terhadapnya, termasuk perdagangan seks anak-anak di bawah umur. Ia juga mengaku telah membayar setidaknya seorang anak perempuan di bawah umur untuk berhubungan seks dengannya dan beberapa laki-laki lain.

Nama Gaetz tidak disebut dalam kesepakatan dengan tim pembela Greenberg atau selama persidangan. Namun, kerja sama Greenberg – sebagai tokoh kunci dalam penyelidikan itu dan sekaligus sahabat dekat Gaetz – dengan pihak berwenang, akan meningkatkan potensi pertanggungjawaban hukum dan politik yang akan dihadapi anggota Kongres dari faksi Republik itu.

Kantor berita Associated Press mengutip dua orang yang mengetahui masalah ini mengatakan jaksa federal sedang memeriksa apakah Gaetz dan Greenberg membayar anak perempuan di bawah umur dan pendampingnya, atau menawarkan mereka hadiah sebagai imbalan berhubungan seks dengan mereka.

Tim penyidik juga sedang mengkaji apakah Gaetz dan rekan-rekannya mencoba mendapatkan pekerjaan atau proyek dari pemerintah untuk perempuan-perempuan itu.

Mereka juga menelusuri hubungan Gaetz dengan sektor mariyuana demi tujuan medis, termasuk soal apakah rekan-rekannya berusaha memengaruhi undang-undang yang disponsori Gaetz.

Gaetz telah menyangkal tuduhan-tuduhan tersebut dan juga tuduhan melakukan kesalahan apapun. Ia juga berulangkali menegaskan bahwa ia tidak akan mundur dari Kongres.

Juru bicara Gaetz mengatakan ia “tidak pernah berhubungan seks dengan anak di bawah umur dan tidak pernah membayar untuk berhubungan seks.”

Dalam sidang di pengadilan pada Senin (17/5), Greenberg mengakui bahwa ia memahami tuduhan yang diakuinya dan kemungkinan hukuman yang dihadapi, dan mengatakan kepada hakim bahwa ia memiliki kerangka berpikir yang sehat.

Hakim Pengadilan Magistrate Leslie Hoffman mengatakan pada Greenberg, meskipun jaksa dapat meminta keringan hukuman dari hakim karena kerjasamanya, tidak ada jaminan bahwa hakim akan menyetujui rekomendasi jaksa dan bahwa Greenberg tidak dapat mengubah pernyataannya.

Belum ada kepastian soal kapan vonis akan dijatuhkan. [em/lt]

XS
SM
MD
LG