Tautan-tautan Akses

Polisi Turki Tangkap Militan Senior ISIS yang Diduga Berencana Serang Hagia Sophia


Polisi berpatroli di kawasan Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turkey, 25 Juni 2020. (Foto: AP)
Polisi berpatroli di kawasan Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turkey, 25 Juni 2020. (Foto: AP)

Polisi Turki mengatakan telah menangkap Mahmut Ozden, tokoh senior ISIS di Turki yang dicurigai merencanakan serangan atas Masjid Hagia Sophia yang baru saja diubah di Istanbul.

"Amir ISIS di Turki telah ditangkap dan ditahan dengan rencana-rencana pentingnya," kata Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu ketika mengumumkan penangkapan itu di Twitter, Selasa (1/9).

Ozden dan tiga orang lainnya ditahan diPprovinsi Adana selatan pada 20 Agustus. Pengadilan Istanbul memerintahkan penangkapan resminya pada Senin (31/8).

Melansir kantor berita pemerintah Turki, Anadolu, penangkapan Ozden merupakan hasil operasi Departemen Kepolisian Istanbul bulan lalu berdasarkan beberapa informasi intelijen bahwa ISIS sedang merencanakan serangan ke Hagia Sophia dan beberapa institusi lainnya. Selama operasi pada 18 Agustus, polisi menangkap seorang tersangka anggota ISIS, Huseyin Sagir, di sebuah hotel di Istanbul yang membawa senjata AK-47 dan lima selongsong peluru.

Pejabat Turki mengatakan informasi yang diperoleh selama penyelidikan Sagir mengarahkan polisi pada Ozden, yang sudah mendapat perintah dari militan ISIS berpangkat tinggi melalui aplikasi pesan terenkripsi.

Menteri Dalam Negeri Soylu mengatakan beberapa materi digital yang disita polisi selama penggeledahan rumah Ozden mengindikasikan rencananya melakukan serangan melalui kelompok yang terdiri dari 10 hingga 12 orang.

"Polisi juga menyita rencana-rencana untuk menculik politisi dan negarawan untuk dibawa ke Suriah dan tindakan terhadap kelompok yang bisa membahayakan ekonomi Turki," kata Soylu kepada wartawan, Selasa (1/9). saat mengadakan inspeksi di Giresun, kota di wilayah Laut Hitam yang baru-baru ini dilanda banjir mematikan. [my/ft]

XS
SM
MD
LG