Tautan-tautan Akses

Meski Menjadi Masjid, Gli Si Kucing Penunggu Tetap Boleh Tinggal di Hagia Sophia


Gli, kucing penunggu Hagia Sophia atau Ayasofya, Situs Warisan Dunia UNESCO yang merupakan katedral Bizantium sebelum diubah menjadi masjid, Turki, 2 Juli 2020. (Foto: REUTERS/Murad Sezer)

Gli, seekor kucing penunggu Hagia Sophia di Istanbul, Turki, ternyata tak kalah tenar dengan tempat tinggalnya. Ia memiliki ribuan penggemar, bahkan mantan Presiden AS Barack Obama terlihat membelai kucing abu-abu bermata hijau itu saat lawatannya pada tahun 2009.

Adanya keputusan untuk mengubah fungsi Hagia Sophia dari sebuah museum menjadi masjid, menimbulkan tanda tanya bagi orang-orang Turki: apakah Gli harus pindah?

Gli dan Umut Bahceci, pemandu tur di Turki yang mengurus akun Instagram Gli.
Gli dan Umut Bahceci, pemandu tur di Turki yang mengurus akun Instagram Gli.

Pihak berwenang Turki memastikan Hagia Sophia dapat tetap sebagai rumah Gli.

Ibrahim Kalin, juru bicara Presiden Tayyip Erdogan, mengatakan kepada Reuters bahwa Gli serta semua kucing lain di daerah itu, akan tetap di tempatnya.

"Kucing itu menjadi sangat terkenal. Kucing itu akan ada di sana, dan semua kucing dipersilakan ke masjid kami,โ€ katanya.

Berita tersebut sangat menggembirakan bagi Umut Bahceci, seorang pemandu wisata yang membuat akun Instagram untuk Gli pada empat tahun lalu. Akun tersebut kini memiliki lebih dari 48 ribu pengikut.

"Saya mulai memperhatikan Gli setiap kali saya pergi (ke Hagia Sophia) karena Gli berpose untuk orang-orang seperti model," katanya kepada Reuters. "Saya mendapat pesan seperti,โ€˜ Gli, kami akan datang ke Istanbul untuk menemui Anda. โ€™Ini benar-benar perasaan yang sangat menyenangkan,"

Hagia Sophia adalah katedral Byzantium Kristen selama 900 tahun sebelum direbut oleh penjajah Ottoman dan berfungsi sebagai masjid hingga 1934.

Pengadilan memutuskan bulan ini bahwa konversi bangunan ke museum pada waktu itu melanggar hukum. Ribuan Muslim melangsungkan salat Jumat (24/7) di Hagia Sophia untuk pertama kalinya dalam 86 tahun. [ah]

Lihat komentar (3)

XS
SM
MD
LG