Tautan-tautan Akses

Polisi Temukan Lab Kokain Terbesar di Belanda


Polisi menemukan laboratorium pembuatan kokain terbesar di Belanda, di kawasan Nijeveen, sekitar 120 kilometer dari Amsterdam, 7 Agustus 2020. (Foto:ilustrasi).

Polisi menemukan laboratorium pembuatan kokain terbesar di Belanda, yang tersembunyi di bekas sebuah sekolah berkuda. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Selasa (11/8), disebutkan bahwa polisi berhasil menahan 11 orang terkait laboratorium ilegal itu.

Dalam aksi penggerebekan yang digelar Jumat (7/8) itu, polisi menemukan puluhan ribu liter bahan kimia dan 100 kilogram bahan dasar kokain. Mereka juga menemukan tempat para staf menginap di sebuah gedung di Nijeveen, sekitar 120 kilometer dari Amsterdam.

Andre van Rijn, kepala divisi narkoba kepolisian Belanda, mengatakan, laboratorium itu dilengkapi peralatan yang memungkinkan produksi 330-440 kilogram kokain per hari, yang harga jualnya sekitar 4,5 hingga 8 juta euro.

Video polisi, yang diperoleh kantor berita Associated Press menunjukkan peralatan laboratorium, tong-tong plastik, bahan-bahan kimia dan sederet lima mesin pengaduk berwarna merah yang dicurigai digunakan untuk mengeluarkan kokain yang disembunyikan pada barang-barang penyerap kokain yang diselundupkan.

Polisi mengatakan 13 dari 17 tersangka yang kini ditahan berkewarganegaraan Kolombia. Mereka akan diadili pada Rabu dan Kamis.

Belanda merupakan pintu masuk utama narkoba ke Eropa. Negara ini telah berusaha keras memerangi kejahatan tersebut, khususnya penyelundupan kokain, yang sebagian besar datang melalui Pelabuhan Rotterdam, pelabuhan terbesar di Eropa. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG