Tautan-tautan Akses

AS

Polisi Tangkap Tersangka Pemerkosa Pasien Koma


Nathan Sutherland (36 tahun), yang bekerja sebagai perawat, tersangka pemerkosa pasien koma yang melahirkan anaknya pada akhir Desember lalu.

Kepolisian kota Phoenix negara bagian Arizona, mengatakan telah menangkap seorang laki-laki yang diduga telah menyerang secara seksual dan menghamili pasien yang berada dalam kondisi koma, dan melahirkan anaknya di fasilitas itu akhir Desember lalu.

Nathan Sutherland, usia 36 tahun, adalah perawat berlisensi yang bekerja di fasilitas perawatan Hacienda HealthCare. Ia didakwa dengan satu dakwaan serangan seksual dan satu dakwaan pelecehan terhadap orang dewasa, demikian menurut pejabat yang mengumumkan penangkapan itu dalam konferensi pers hari Rabu (23/1).

“Polisi telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelidiki kejahatan mengerikan ini,” ujar Walikota Sementara Thelda Williams kepada wartawan. “Ini fasilitas perawatan dimana seharusnya Anda merasa aman, dan seseorang ternyata tidak (aman.red),” ujarnya.

Kepala kepolisian Phoenix, Jeri Williams mengumumkan penahanan tersangka Nathan Sutherland di Phoenix, Rabu (23/1).
Kepala kepolisian Phoenix, Jeri Williams mengumumkan penahanan tersangka Nathan Sutherland di Phoenix, Rabu (23/1).

Perempuan koma yang diserang dan dihamili itu adalah anggota suku Apache di San Carlos. Ia telah koma sejak masih anak-anak karena kecelakaan ketika berenang, dan dirawat di fasilitas itu. Ia melahirkan bayi laki-lakinya pada 29 Desember lalu. Menurut seorang perawat di Hacienda HealthCare yang mengontak layanan darurat 911, tidak satu perawat atau karyawan fasilitas itu yang menyadari bahwa perempuan koma itu hamil hingga ketika ia melahirkan.

Kabar kelahiran bayi perempuan yang koma itu memicu penyelidikan besar-besaran untuk mengetahui siapa pelakunya. Awal bulan ini seorang anggota dewan Hacienda HealthCare menyebut kasus ini “situasi yang sangat mengerikan.” CEO fasilitas itu, Bill Timmons, mengundurkan diri setelah kasus ini disorot media. Seorang dokter yang merawat perempuan koma itu mengundurkan diri, lainnya diskors.

Polisi dengan cepat mengumpulkan seluruh contoh DNA karyawan laki-laki di fasilitas itu.

Nathan Sutherland Baru Dipecat Setelah Ditangkap Polisi

Nathan Sutherland ditangkap hari Selasa (22/1) dan menjalani uji DNA sebagaimana diperintahkan pengadilan, demikian penjelasan petugas humas di Departemen Kepolisian Phoenix. Contoh DNA Sutherland itu cocok dengan DNA sang bayi.

Nathan Sutherland (36 tahun) sudah menjadi perawat di Hacienda Healthcare sejak tahun 2011.
Nathan Sutherland (36 tahun) sudah menjadi perawat di Hacienda Healthcare sejak tahun 2011.

Sutherland diketahui bekerja di fasilitas itu sejak tahun 2011 dan merupakan salah seorang perawat yang bertanggung jawab terhadap perawatan perempuan koma itu. Polisi mengatakan meskipun penyelidikan belum selesai, tidak ada indikasi adanya orang lain yang terlibat dalam serangan seksual itu.

Belum jelas apakah Sutherland pernah bekerja di fasilitas perawatan kesehatan lain sebelumnya.

Dokumen-dokumen pengadilan menunjukkan setelah dihadirkan di persidangan, Sutherland dibebaskan dengan jaminan 500 ribu dolar dan diharuskan menggunakan sebuah piranti pemantau elektronik.

NPR melaporkan berdasarkan pernyataan tertulis Hacienda HealthCare, Sutherland “telah menjalani pemeriksaan latar belakang yang dalam sebelum dipekerjakan” dan dipecat ketika polisi menangkapnya. (em)

XS
SM
MD
LG