Tautan-tautan Akses

Polisi Tangkap Orang Kedua Terkait Pencurian Toilet Emas


Toilet emas
Toilet emas

Polisi di Inggris telah menangkap orang kedua terkait pencurian toilet emas yang merupakan bagian dari pameran seni di tempat kelahiran dan rumah mantan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill.

Toilet 18 karat, berjudul "Amerika" itu dibuat oleh seniman Italia Maurizio Cattelan. Toilet itu adalah bagian dari pameran lebih besar dari karya Cattelan di Istana Blenheim di Oxfordshire, Inggris.

Polisi mengatakan laki-laki berusia 36 tahun, dari Cheltenham, ditangkap dan kemudian dibebaskan sambil menunggu penyelidikan. Polisi juga menangkap dan membebaskan dengan jaminan seorang pria berusia 66 tahun yang dicurigai sebagai bagian dari komplotan yang bertanggung jawab atas pencurian tersebut.

Toilet itu sebelumnya dipajang di Guggenheim Museum New York di mana "lebih dari 100 ribu orang mengantre untuk menyaksikan seni dan alam," kata pejabat museum ketika itu.

Tahun lalu, kepala kurator Guggenheim Museum menawarkan untuk meminjamkan toilet emas itu kepada Presiden AS Donald Trump dan istrinya Melania Trump ketika mereka ingin meminjam lukisan Van Gogh untuk ruang pribadi mereka di Gedung Putih.

Cattelan sebelumnya mengatakan toilet itu sebenarnya dimaksudkan sebagai benda satir mengenai kekayaan berlebih.

"Apa pun yang kita makan, makan siang seharga $200 (Rp 2,8 juta) atau hot dog seharga $2 (sekitar Rp 28 ribu), hasilnya sama saja, dalam hal toilet, '' katanya. [my/ft]

XS
SM
MD
LG