Tautan-tautan Akses

Polisi Spanyol Tangkap Para Penyelundup Migran


Polisi memperlihatkan sebagian barang sitaan hasil operasi pemberantasan narkoba dari sebuah kawasan industri, di markas besar polisi di Malaga, Spanyol, 25 Oktober 2018. (Foto: dok).

Kepolisian Spanyol mengatakan mereka berhasil membongkar sebuah jaringan yang menyelundupkan migran dan narkoba lewat kapal dari Maroko ke Spanyol. Mereka mengungkapkan, setiap migran yang diselundupkan dikenai biaya sekitar 2.300 dolar.

Pernyataan kepolisian itu menyebutkan, kelompok itu memperoleh sekitar 29.000 dolar untuk setiap kapal penyelundup yang berhasil melintas laut tengah. Para migran dan narkoba yang mereka selundupkan, sering diangkut dengan kapal-kapal yang tidak layak layar.

Para penyelidik memperkirakan jaringan itu telah menyelundupkan lebih dari 500 migran ke wilayah Andalusia di Spanyol sejak Agustus. Jaringan itu mengangkut para migran ilegal yang datang ke Spanyol ke tempat-tempat persembunyian mereka.

Badan Urusan Perbatasan Uni Eropa, Frontex, mengatakan sekitar 57.000 migran yang melintasi perbatasan terdeteksi tahun lalu di Spanyol, meningkat dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Polisi mengatakan, mereka telah menangkap delapan angota jaringan itu, termasuk empat di antara mereka yang dianggap pemimpin jaringan itu di Spanyol. [ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG