Tautan-tautan Akses

Kepala Polisi London: Ini Jelas Serangan terhadap Muslim


Polisi London mengamankan lokasi terjadinya serangan dengan menggunakan sebuah mobil van terhadap Muslim yang baru selesai sholat di Masjid Finsbury Park, London utara, Senin pagi (19/6).

Pemerintah Inggris dan pemuka Muslim bertindak cepat untuk menenangkan keresahan di kalangan masyarakat Muslim akibat seorang lelaki menabrakkan mobilnya ke jemaah di sebuah masjid di London utara Senin (19/6) pagi. Peristiwa itu menyebabkan sedikitnya sembilan orang luka atau cedera.

Satu mobil van menabrak pejalan kaki di luar sebuah masjid di London Senin pagi hari, dalam serangan yang oleh kepala kepolisian London Cressida Dick dan lainnya dikatakan ditujukan terhadap Muslim.

"Ini jelas serangan terhadap Muslim yang tampaknya baru saja keluar selesai sholat. Kami memperlakukannya sebagai serangan teroris, dan kami di kota London sama terkejutnya sebagaimana tiap orang di masyarakat setempat atau seluruh negeri tentang apa yang terjadi," ungkap Dick.:

Walikota London Sadiq Khan mengutuk insiden itu dan menyatakan dukungannya kepada masyarakat Muslim.

"Ini benar-benar serangan teroris luarbiasa terhadap kota kita, di mana orang tidak bersalah dan baru saja selesai shalat Tarwih sengaja dijadikan sasaran. Seperti anda ketahui ada seorang yang tewas di tempat, 8 luka parah dan sudah dibawa ke rumahsakit sedang 3 lagi diobati langsung di trotoar. Saya dan saya yakin semua penduduk London merasa sedih dan berdoa bagi yang terkena serangan malam tadi. Khususnya keluarga korban yang tewas di tempat," ujar Khan.

Perdana Menteri Theresa May mengatakan insiden itu adalah serangan terhadap Muslim di dekat tempat mereka beribadah.

Deputi kepala kepolisian Neil Basu, kordinator senior kontra terorisme menjelaskan kepada wartawan korban yang tewas di tempat kejadian berada di bawah perawatan tatkala serangan terjadi, jadi terlalu awal untuk mengatakan kematiannya terkait dengan serangan itu.

Menurut yang berwajib polisi menangkap penyerang yang berumur 48 tahun. [al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG