Tautan-tautan Akses

Polisi Israel Tangkap Puluhan Orang dalam Protes Anti-Netanyahu


Para pemrotes Israel, mengenakan masker di tengah pandemi Covid-19 sambil memegang poster PM Benjamin Netanyahu di luar kediaman resminya di Yerusalem, 24 Juli 2020.

Polisi Israel, Jumat (24/7) mengemukakan dalam suatu pernyataan bahwa mereka menangkap 55 demonstran anti-PM Benjamin Netanyahu “yang menyebabkan gangguan dan kekacauan umum.” Seorang perempuan yang ditangkap, berteriak ke polisi dalam bahasa Ibrani, “Kalian boneka penguasa.”

Ribuan demonstran lawan berkumpul di luar kediaman PM Netanyahu hari Kamis di tengah keberadaan polisi dalam jumlah besar. Petugas memisahkan mereka dengan barikade besi. Sebuah spanduk tampak bertuliskan “Ayo, ini untuk kita semua.”

Polisi Israel menangkap seorang demonstran saat melakukan aksi protes terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di luar kediamannya di Yerusalem, Jumat pagi, 24 Juli 2020.
Polisi Israel menangkap seorang demonstran saat melakukan aksi protes terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di luar kediamannya di Yerusalem, Jumat pagi, 24 Juli 2020.

Video yang disediakan polisi Israel memperlihatkan massa dalam jumlah besar di jalan, sebelum sebuah truk polisi menyemprotkan cairan untuk membubarkan mereka. Para demonstran anti-Netanyahu di Yerusalem menuduh perdana menteri Israel itu melakukan korupsi.

Mereka memprotes legislasi baru-baru ini yang memberi pemerintah kewenangan untuk mengambil langkah-langkah darurat untuk memerangi virus corona tanpa terlebih dulu meminta persetujuan parlemen.

Pada awalnya, Israel dapat mengendalikan penyebaran Covid-19. Tetapi penularan melonjak kembali dengan tambahan sekitar 2.000 kasus baru per hari. Sementara itu, tingkat pengangguran di negara itu telah membubung di atas 20 persen. [uh/ab]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG