Tautan-tautan Akses

Polisi Hong Kong Klaim Jinakkan 2 Bom Rakitan


Polisi Hong Kong telah menjinakkan dua bom besar rakitan yang ditemukan di sebuah kampus universitas, Senin malam, 9 Deseember 2019. (Foto: ilustrasi).

Polisi Hong Kong mengatakan mereka telah menjinakkan dua bom besar rakitan yang penuh paku di sebuah kampus universitas.

Penemuan senjata pada Senin malam itu (9/12) adalah yang terbaru selama enam bulan protes anti-pemerintah yang mengguncang wilayah semi-otonom China itu.

Alick McWhirter, petugas senior penjinak bom mengatakan, “Selain sejumlah besar bahan peledak, ada juga fragmentasi, pecahan peluru, dalam bentuk paku, yang telah ditambahkan ke kedua bom itu. Kedua perangkat ini hanya memiliki satu fungsi, yakni untuk membunuh dan melukai orang.”

Bom-bom itu dikendalikan oleh radio, dan dirancang hendak diledakkan melalui ponsel. Pihak berwenang tidak berspekulasi secara publik tentang siapa yang menaruh bom-bom itu dan mengapa.

Pada bulan Juli, polisi mengumumkan penyitaan sekitar dua kilogram TATP, atau tri-aseton tri-peroksida, yang telah digunakan dalam serangan-serangan militan di seluruh dunia. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG