Tautan-tautan Akses

Pemimpin Hong Kong: UU Baru AS, Kekerasan akan Rusak Ekonomi


Pemimpin Hong Kong Carrie Lam. (Foto: dok).

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam, Selasa (3/12) mengatakan bentrokan antara demonstran dan polisi akhir pekan lalu telah mengurangi harapannya bahwa jeda dari kekerasan baru-baru ini akan membuat ekonomi teritori itu pulih.

Pemerintah akan segera meluncurkan langkah-langkah putaran keempat untuk mendukung bisnis, melindungi lapangan kerja dan menawarkan bantuan ekonomi, kata Lam kepada wartawan setelah pertemuan mingguan dengan para penasihat wilayah tersebut.

Kerusuhan selama enam pekan telah mengantarkan ekonomi Hong Kong yang lemah ke dalam resesi. Protes prodemokrasi telah menjadi semakin kasar sementara pemerintah menolak mengabulkan sebagian besar tuntutan gerakan tersebut.

Dua pekan terakhir ini situasi relatif tenang, sementara para aktivis berfokus pada upaya memenangkan pemilihan dewan distrik yang menjadi referendum mengenai dukungan masyarakat bagi protes-protes di sana.

Para kandidat prodemokrasi meraih kemenangan besar dalam pemilihan 24 November lalu.

Polisi menggunakan gas air mata dan semprotan cabai dalam bentrokan akhir pekan lalu, sementara demonstran memblokir jalan-jalan dan merusak sejumlah toko yang dianggapi bersimpati pada Beijing. Hong Kong adalah teritori semiotonom China.

Bentrokan itu lebih kecil daripada yang sebelumnya, tetapi Lam mengatakan hal tersebut merusak harapannya bahwa situasi yang relatif damai itu akan bertahan. [uh/ab]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG