Tautan-tautan Akses

Polandia Terima Kedatangan Presiden Trump


Presiden AS Donald Trump memberikan keterangan dalam sebuah konferensi pers dengan Presiden Polandia Andrzej Duda di Royal Castle, Warsawa, 6 Juli 2017. (AP Photo / Evan Vucci)

Presiden Donald Trump, Kamis (6/7) menyatakan Amerika Serikat bekerja sama dengan Polandia untuk menangani tindakan dan perilaku Rusia yang menimbulkan ketidakstabilan, seraya menyatakan bahwa Amerika berkomitmen untuk memastikan perdamaian dan keamanan di bagian timur dan tengah Eropa.

Trump berbicara di samping Presiden Polandia Andrzej Duda pada persinggahan pertamanya dalam lawatan ke Eropa. Ia memuji aliansi NATO yang disebutnya penting untuk mencegah konflik. Presiden Amerika itu sebelumnya mengkritik sejumlah anggota NATO karena tidak mengeluarkan dana cukup besar untuk militer mereka dan hari Kamis (6/7) ia menyebut Polandia sebagai salah satu sekutu NATO yang menurutnya telah memenuhi kewajibannya.

Trump kemudian berpidato di sebuah KTT regional, dengan mengatakan kepada para pemimpin di sana bahwa Amerika menginginkan lebih sedikit hambatan untuk perdagangan energi dan agar negara-negara itu mendiversifikasi sumber energi mereka.

Ia juga dijadwalkan menyampaikan pidato publik penting pertamanya di Eropa dengan berpidato di Lapangan Krasinski, Warsawa, kawasan yang sarat makna bagi banyak warga Polandia, dalam memperingati perjuangan mereka menentang pemerintahan totaliter.

Gedung Putih menyatakan presiden akan menegaskan kembali komitmennya terhadap prinsip pertahanan bersama NATO, tetapi juga akan mengulangi tuntutannya agar negara-negara anggota lainnya berkontribusi lebih banyak untuk mengatasi beban finansial NATO. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG