Tautan-tautan Akses

Pemimpin Polandia: Trump Berkunjung ke Polandia Sebelum KTT G-20 di Jerman


Jaroslaw Kaczynski, pemimpin Hukum dan Keadilan (PiS) dalam konferensi pers di Warsawa, 28 Februari 2017. (Foto: dok).

Politisi terkemuka Polandia mengatakan negara-negara Eropa lain cemburu karena Presiden Amerika Donald Trump berencana berkunjung ke Warsawa sebelum pertemuan puncak di Jerman dengan para pemimpin dunia lain.

Pemimpin Partai Hukum dan Keadilan yang berkuasa, Jaroslaw Kaczynski, menyebut Inggris sebagai satu contoh yang tidak senang akan kunjungan Trump pekan depan, dan menuduh para pejabat Inggris mengecam Warsawa atas pengaturan kunjungan itu.

Kaczynski tidak memberi keterangan lebih jauh. Perdana Menteri Inggris Theresa May mengundang Trump untuk kunjungan kenegaraan resmi segera setelah pelantikannya, tetapi tanggalnya belum dijadwalkan.

Ucapan Kaczynsky di kongres partai yang berkuasa itu mengingatkan orang pada perselisihan antara negara-negara anggota bekas komunis Uni Eropa dan negara-negara barat anggota yang lebih lama dalam Uni Eropa.

Kaczynski menyatakan lagi hari Sabtu (1/7) bahwa Polandia tidak mau menerima rencana Uni Eropa untuk memindahkan migran dari Italia dan Yunani. [gp]

XS
SM
MD
LG