Tautan-tautan Akses

Polandia Minta Uni Eropa Hormati Kedaulatannya


Wakil Presiden Uni Eropa, Frans Timmermans dituduh berupaya meminggirkan Polandia dan melanggar kedaulatan nasionalnya (foto: dok).

Kementerian Luar Negeri Polandia mengatakan pihaknya telah menulis surat kepada Uni Eropa, menanggapi rekomendasi blok negara-negara Eropa itu tentang aturan hukum di Polandia, langkah terbaru terkait ketegangan antara pemerintah populis itu dengan pejabat-pejabat Uni Eropa yang prihatin dengan penurunan standar demokrasinya.

Sebagian besar negara Uni Eropa prihatin dengan langkah-langkah yang diambil Partai Hukum dan Keadilan yang berkuasa, yang telah memperlemah kemampuan mahkamah konstitusi yang sedianya bertindak sebagai penyeimbang kekuatan eksekutif.

Kementerian Luar Negeri Polandia hari Senin (20/2) mengatakan surat itu merupakan tanggapan terhadap Uni Eropa, yang menekankan bahwa Polanda berkomitmen pada demokrasi dan karenanya terbuka pada saran yang diberikan.

Tetapi surat itu juga menuduh Wakil Presiden Uni Eropa Frans Timmermans yang mengecam keras tindakan Polandia terhadap mahkamah itu, dengan berupaya meminggirkan Polandia dan melanggar kedaulatan nasionalnya. [em/jm]

XS
SM
MD
LG