Tautan-tautan Akses

PM Polandia Terluka Ringan dalam Kecelakaan Mobil


Petugas kepolisian dan pemadam kebakaran memeriksa mobil yang ditumpangi PM Polandia, Beata Szydlo, yang terlibat dalam kecelakaan (10/2). Oswiecim, Polandia. (foto: AP Photo)

Akibat kecelakaan yang dialaminya, PM Polandia, Beata Szydlo menderita luka ringan dan diterbangkan dengan helikopter ke Warsawa untuk uji medis, meskipun ia tidak terluka parah.

PM Polandia, Beata Szydlo, menderita luka dalam sebuah kecelakaan mobil di Polandia selatan hari Jum’at dan diterbangkan dengan helikopter ke Warsawa untuk uji medis, meskipun para dokter dan jurubicaranya mengatakan ia tidak terluka parah.

Kecelakaan terjadi menjelang jam 7 malam di kota sebelah selatan Polandia, Oswiecim, yang merupakan kota asal Szydlo. PM berusia 53 tahun tersebut sedalam dalam perjalanan dengan konvoi di sepanjang jalan utama kota tersebut ketika sebuah mobil lain menabrak sedan Audi hitamnya yang mengakibatkan sedan tempat PM Polandia berada itu menabrak sebuah pohon.

Lembaga penyiaran negara TVP mempublikasan gambar limousine dengan bagian depannya yang tampak rusak parah.

Hasil Diagnosis Bagus

Jurubicara pemerintah, Rafal Bochenek, mengatakan Szydo dalam “kondisi baik” namun tetap diterbangkan sejauh 350 km dengan helikopter ke RS Pemerintah di Warsawa untuk pemantauan dan uji medis lebih lanjut.

Kendaraan yang menabrak kendaraan PM Polandia adalah sebuah mobil kecil Fiat yang dikendarai pemuda berusia 21 tahun yang berada dalam keadaan sadar, ujar Sebastian Glen, jurubicara pihak kepolisian. Dua petugas keamanan, satu di antaranya adalah pengemudi mobil tersebut, juga dibawa ke rumah sakit karena menderita luka-luka.

Dr. Andrzej Jakubowski, yang memerika Szydlo di rumah sakit di Oswiecim, sebuah kota berpenduduk 40.000, mengatakan Perdana Menteri dalam keadaan stabil dan sadar sepanjang waktu dan berbicara dengan “sangat tegas” kendati trauma yang dialaminya. Jakubowski mengatakan Szydlo menderita beberapa luka namun hasil diagnosis menunjukkan kondisinya dalam keadaan baik.

Oswiecim lebih dikenal dengan namanya dalam bahasa Jerman, Auschwitz. Kota ini adalah tempat dimana Nazi Jerman dahulu menjalankan kamp maut di kawasan Polandia yang berada di bawah pendudukan selama PD II dan hari ini adalah lokasi dari situs kenangan dan museum yang menarik pengunjung dalam jumlah besar. [ww]

XS
SM
MD
LG