Tautan-tautan Akses

Polandia Minta AS Buka Pangkalan Militer Permanen


Para tentara Amerika menghadiri upacara penyambutan tentara NATO pimpinan AS di lokasi pelatihan militer di Orzysz, Polandia, 13 April 2017.
Para tentara Amerika menghadiri upacara penyambutan tentara NATO pimpinan AS di lokasi pelatihan militer di Orzysz, Polandia, 13 April 2017.

Pemerintah Polandia minta Amerika membuka pangkalan militer yang permanen dan menempatkan ribuan tentaranya di negara itu untuk menangkal kemungkinan serangan Rusia.

Kata Menteri Pertahanan Marius Blaszczak, Senin (28/5), ia telah membahas hal ini di Washington belum lama ini. “Kehadiran militer Amerika itu sangat penting untuk melawan musuh,” kata Blaszczak kepada stasiun Radio 1.

Polandia sejak lama khawatir tentang keamanan regional sejak Rusia mencaplok Jazirah Krimea dari Ukraina pada 2014.

Kantor berita Polandia Onet mengatakan Polandia telah menawarkan sampai $2 miliar untuk membantu pembangunan pangkalan militer Amerika itu.

Kementerian Pertahanan Polandia telah menulis surat kepada Kongres dan sejumlah tokoh politik Amerika untuk menjelaskan rincian usul itu.

Juru bicara Presiden Rusia Dmitry Peskov mengatakan di Moskow, penambahan kehadiran militer barat di dekat perbatasan Rusia “jelas tidak akan menyumbang apapun bagi keamanan dan stabilitas di benua Eropa.”

Kata Peskov lagi, langkah-langkah ekspansionis itu hanya akan memicu tindakan balasan dari Rusia untuk menjaga keseimbangan kekuatan yang dilanggar dengan cara ini. [ii]

XS
SM
MD
LG