Tautan-tautan Akses

Pohon Cendana Tua di Australia Diselamatkan Demi Generasi Mendatang


Pohon Cendana (Santalum lanceolatum). (Foto: Wikipedia)
Pohon Cendana (Santalum lanceolatum). (Foto: Wikipedia)

Ditemukannya sebuah spesies tua pohon cendana di Australia Tenggara telah mendorong munculnya seruan untuk bertindak lebih banyak guna membantu para pemilik lahan melindungi spesies pohon langka itu.

Di tengah-tengah sebuah kawasan kantong yang dipenuhi tanaman asli di negara bagian Victoria, Australia, terdapat tumbuhan yang jelas merupakan harta karun namun kurang banyak dikenal. Di hutan kecil itu terdapat pohon-pohon cendana yang usianya diperkirakan lebih dari 500 tahun. Hutan kecil itu ditemukan 25 tahun lalu oleh Tuesday Browell, warga kota Torrumbarry.

"Saya mempelajari pengobatan aromatik dan saya sedang melakukan sejumlah penelitian tentang pohon cendana Australia. Saya mendapati dua baris keterangan saja yaitu dahulu ada sebuah pohon cendana tua di kota Torrumbarry di sebuah bukit pasir," jelasnya.

Hanya ada sedikit pohon cendana yang masih tersisa di negara bagian Victoria. Namun 25 tahun lalu, Browell mendapati 15 pohon dari spesies yang sangat tua itu. Ia langsung memutuskan untuk melindungi lahan itu dan merawatnya.

"Setelah kami mengolah sebagian lahan, sekitar 30 pohon lainnya muncul. Jadi kami memiliki hampir 50 pohon cendana di atas tanah tersebut," imbuhnya.

Pohon cendana (Northern Sandalwood/ Santalum lanceolatum). (Foto: Wikipedia)
Pohon cendana (Northern Sandalwood/ Santalum lanceolatum). (Foto: Wikipedia)

Selama ratusan tahun, pohon cendana dianggap barang yang sangat berharga di seluruh dunia, khususnya karena kayu dan minyaknya yang mahal. Pada tahun 1800-an, cendana pernah menjadi komoditi ekspor Australia yang paling berharga.

Glen Johnson, pejabat di Program Lingkungan Alami di Departemen Lingkungan Victoria mengatakan, "Banyak pekerja tambang emas yang menganggur, menebang pohon cendana itu dan mengekspor kayunya ke luar negeri dalam jumlah besar."

Pohon-pohon cendana itu ditebang untuk berbagai macam keperluan hingga akhirnya mencapai titik kepunahan. Karena itu penemuan Browell 25 tahun lalu dianggap sebagai hal yang sangat berharga.

Selama ribuan tahun, pohon-pohon tersebut merupakan sumber daya penting bagi budaya masyarakat pribumi.

Professor Henry Atkinson, tetua masyarakat pribumi, mengatakan, "Sebagian masyarakat kami telah makan dari pohon itu."

Pohon Cendana Tua di Australia Diselamatkan Demi Generasi Mendatang
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:18 0:00

Atkinson telah menjadi pembimbing Browell dalam perjalanannya menyelamatkan pohon cendana. Atkinson menambahkan, "Saya tahu bahwa Tuesday bersedia untuk mengorbankan hidupnya bagi kawasan ini."

Namun Browell mengatakan dukungan resmi masih dibutuhkan agar pohon-pohon cendana tua itu dapat dilindungi. Browell mengatakan, "Walaupun telah ada rencana aksi, sedikit sekali bantuan yang diberikan bagi pemilik tanah pribadi seperti saya dalam melindungi dan merawat pohon-pohon tersebut."

Atkinson mengatakan, apa yang terjadi di masa lalu sudah berlalu, namun mereka dapat membuat Australia menjadi lebih baik dengan memberikan pengetahuan bagi generasi mendatang. [lj/uh]

XS
SM
MD
LG