Tautan-tautan Akses

AS

PM Trudeau: Kanada Sambut Baik Pengungsi


Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau membantu pengungsi muda Suriah mengenakan jaket musim dingin setelah tiba bersama keluarganya dari Beirut di bandara internasional Toronto Pearson di Mississauga, Ontario, Kanada, 11 Desember 2015. (foto: dok.)

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau berpesan kepada pengungsi yang ditolak Presiden Amerika Donald Trump: Kanada akan menyambut kalian.

Ia juga mengatakan akan berbicara dengan Trump mengenai keberhasilan kebijakan pengungsi Kanada.

Trudeau menyampaikan itu sebagai reaksi atas larangan Trump memberi visa bagi orang-orang dari negara-negara tertentu yang mayoritas penduduknya Muslim, dalam tweet hari Sabtu: “Bagi orang-orang yang lari dari penganiayaan, teror & perang, rakyat Kanada akan menyambut kalian dengan baik, apapun agama kalian. Keanekaragaman adalah kekuatan kami #WelcomeToCanada.''

Trudeau juga mengunggah fotonya yang sedang menyapa anak Suriah di Bandara Toronto akhir tahun 2015. Trudeau meninjau langsung kedatangan lebih dari 39 ribu pengungsi Suriah segera setelah ia terpilih.

Trudeau diperkirakan akan segera berkunjung ke Gedung Putih.

Perdana menteri Kanada itu menahan diri, tidak mengecam Trump, supaya tidak menyinggung presiden baru itu. Lebih dari 75 persen ekspor Kanada ke Amerika. [ka]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG