Tautan-tautan Akses

PM Selandia Baru Tawarkan AS Pengalaman Atasi Pandemi


Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berbicara kepada media tentang perubahan pemilu 2020. (Foto: AFP)

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern, Senin (23/11), menjadi pemimpin dunia terkini yang memberi selamat kepada Presiden terpilih AS Joe Biden atas kemenangannya dalam pemilu, dengan mengatakan bahwa ia menawarkan untuk berbagi keahlian negaranya dalam menangani virus corona.

Ardern mengatakan nada pembicaraan telepon selama 20 menit itu hangat dan bahwa Biden berbicara dengan sangat baik tentang bagaimana Selandia Baru menangani pandemi.

Selandia Baru dinilai banyak kalangan berhasil menanggulangi wabah virus itu setelah memberlakukan lockdown ketat pada bulan Maret dan menutup perbatasan-perbatasannya. Hanya 25 orang di negara berpenduduk 5 juta itu yang meninggal karena Covid-19.

Ardern mengatakan Biden ingin membicarakan lebih lanjut bagaimana tanggapan Selandia Baru terhadap virus itu. Namun Biden mengingatkan bahwa model penanggulangan negaranya mungkin tidak dapat ditiru di mana-mana.

"Meskipun Selandia Baru memiliki sejumlah keuntungan alami yang telah membantu kami dalam mengendalikan virus, saya sangat yakin bahwa kerja sama internasional terus menjadi kunci untuk mengendalikan virus dan kami senang bekerja dengan negara mana pun untuk berbagi pengetahuan dan data jika itu membantu ," kata Ardern kepada wartawan di Wellington.

Ardern mengatakan dia dan Biden juga membahas masalah perdagangan dan perubahan iklim.

Dalam sebuah pernyataan, Biden memuji "kepemimpinan luar biasa" Ardern setelah penembakan massal tahun 2019 di dua masjid Christchurch. Biden juga memuji Ardern sebagai ibu yang bekerja dan sebagai suri teladan. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG