Tautan-tautan Akses

Presiden Polandia Ingin Akhiri Ketegangan soal RUU Media


Demonstrasi anti-pemerintah turun ke jalan di Warsawa, Polandia Sabtu (17/12), yang dipicu oleh RUU yang membatasi media.

Krisis politik terjadi di Polandia, akibat RUU baru yang membatasi ruang gerak media, mendorong ribuan orang turun ke jalan dan mengadakan aksi duduk di parlemen.

Presiden Polandia Andrzej Duda bertemu dengan para pemimpin partai oposisi hari Minggu (18/12) untuk mengatasi krisis politik yang telah mendorong ribuan orang turun ke jalan dan mengadakan aksi duduk di parlemen.

Para legislator dari kubu oposisi menguasai ruang utama parlemen hari Jumat untuk memprotes RUU baru yang membatasi ruang gerak media dalam melakukan peliputan di parlemen. Protes-protes anti-pemerintah yang mendukung para legislator itu berlanjut untuk hari ketiga.

Di bawah RUU itu, tidak lebih dari dua wartawan dari masing-masing organisasi berita yang diperbolehkan berada di dalam ruang media pada waktu bersamaan. Para wartawan juga akan dilarang mengambil video atau foto.

Pemerintah mengatakan langkah-langkah itu diperlukan untuk menjamin lingkungan kerja yang nyaman. Tapi para mengatakan itu akan menyulitkan media melaporkan perilaku anggota parlemen yang tidak layak. [vm/ds]

XS
SM
MD
LG