Tautan-tautan Akses

PM Macedonia Berharap Usulan Nama 'Macedonia Utara' Disetujui


Perdana Menteri Macedonia, Zoran Zaev di Skopje, Macedonia, 12 Juni 2018. (Foto: dok).

Perdana Menteri Macedonia, Zoran Zaev mengatakan ia berharap bangsanya akan menyetujui rancangan perjanjian untuk mengubah nama negara itu menjadi “Macedonia Utara”. Ini sebagai imbalan kepada Yunani mencabut oposisinya atas keinginan Macedonia untuk akhirnya menjadi anggota Persekutuan NATO dan Uni Eropa.

Dalam wawancara dengan VOA, ia mengatakan, “tidak ada pilihan lain, saya optimistis terutama karena saya tahu bangsa saya. Mereka punya sejarah mengambil keputusan yang cerdas dan kali ini begitu juga,” katanya.

Zaev mengatakan ia ingin Macedonia dalam waktu dekat menjadi anggota NATO guna menjamin perdamaian, kemakmuran ekonomi dan keamanan bagi negaranya dan bahwa Washington mendukung penuh keinginan Macedonia menjadi anggota NATO.

Zaev diundang ke Gedung Putih setelah berhasil mencapai Perjanjian Prespa dengan Yunani mengenai soal lama tentang nama antara kedua negara.

Mengubah nama Macedonia menjadi unsur pokok dalam perjanjian dengan Yunani guna mengakhiri pertikaian yang sudah puluhan tahun. Yunani mengatakan nama Macedonia sekarang ini berimplikasi klaim atas wilayahnya di bagian utara yang bernama Macedonia dan juga atas warisan kuno wilayah tersebut. [al]

XS
SM
MD
LG