Tautan-tautan Akses

Nama Macedonia Ganti Jadi “Republik Macedonia Utara”


Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras memberikan pidato yang disiarkan melalui televisi secara nasional, di Athena, 12 Juni 2018. (Foto: Kantor Perdana Menteri Yunani)

Perdana Menteri Yunani dan Macedonia mengatakan mereka telah menyepakati nama baru Macedonia menjadi “Republik Macedonia Utara”. Kesepakatan tersebut mengakhiri perselisihan pahit selama 27 tahun yang membuat negara bekas Yugoslavia itu tidak dapat bergabung dengan badan internasional seperti NATO.

Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras dan Perdana Menteri Macedonia Zoran Zaev menyampaikan pengumuman itu segera setelah berbicara melalui telpon. Nama baru ini akan digunakan baik di dalam maupun di luar negeri, sementara Macedonia juga akan mengubah konstitusinya sebagai bagian dari perjanjian itu.

Yunani telah lama menuntut agar Macedonia mengubah atau memodifikasi namanya untuk menghindari klaim apapun atas wilayah dan warisan peninggalan kawasan Macedonia di bagian utara Yunani, yang merupakan tempat kelahiran Alexander the Great. [em/jm]

XS
SM
MD
LG