Tautan-tautan Akses

Usaha Eropa Cegah Campur Tangan AS di Venezuela Gagal


Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido (kiri) menolak untuk berunding dengan Presiden Nicolas Maduro.
Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido (kiri) menolak untuk berunding dengan Presiden Nicolas Maduro.

Penolakan pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido untuk berunding dengan Presiden Nicolas Maduro di Norwegia minggu lalu telah menggagalkan usaha para diplomat Eropa untuk mencegah campur tangan Amerika di Venezuela.

“Kali ini pihak oposisi telah bertindak dengan cerdas,” kata Miguel Otero, pemimpin redaksi harian Venezuela El Nacional. Katanya, Maduro telah memanfaatkan perundingan di masa lampau yang ditengahi oleh Spanyol, untuk memecah-belah pihak oposisi dan menetapkan syarat-syarat perdamaian.

Wakil-wakil kelompok penghubung internasional pimpinan Eropa bertemu dengan para pejabat Kanada dan Chile di gedung PBB hari Senin (3/6).

Pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan mengatakan dukungan bagi apa yang disebutnya sebagai “dewan nasional yang terpilih secara demokratis” pimpinan Juan Guaido, dan menegaskan perlunya dipulihkan kekuasaan dan kehormatan badan itu.” Juga diserukan pembebasan semua tahanan politik.

Juan Guaido tidak jadi menghadiri pertemuan itu setelah mendapat telpon dari wakil presiden Amerika Mike Pence, yang kemudian mentweet bahwa “Maduro harus turun.” Departemen LN Amerika mengeluarkan pernyataan bahwa satu-satunya isu yang bisa dibahas dalam pertemuan itu adalah turunnya Maduro. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG