Tautan-tautan Akses

PM Johnson Bantah Klaim UE bahwa Inggris Blokir Ekspor Vaksin COVID-19


Perdana Menteri Inggris Boris Johnson
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Rabu (10/3) membantah klaim Presiden Dewan Uni Eropa Charles Michel bahwa Inggris memberlakukan larangan ekspor vaksin COVID-19.

Dalam blog online yang diposting hari Selasa (9/3) di situs Uni Eropa, Michel menuliskan bahwa Inggris dan Amerika Serikat telah memberlakukan "larangan langsung" atas ekspor vaksin atau komponen vaksin yang diproduksi di wilayah tersebut.

Berbicara dalam sesi dengar keterangan Perdana Menteri Inggris di House of Commons, Johnson menyatakan Inggris tidak memblokir ekspor "satu vaksin atau komponen vaksin COVID-19 apa pun.

"Pandemi ini telah menempatkan kita semua pada sisi yang sama dalam pertempuran untuk kesehatan global. Kami menentang nasionalisme vaksin dalam segala bentuk apa pun," katanya.

Tahun 2020, ketika Presiden Donald Trump menjabat, perintah eksekutif ditandatangani untuk memprioritaskan setiap vaksin COVID-19 yang diproduksi di Amerika Serikat bagi warga AS. Tidak jelas apakah perintah itu merupakan larangan langsung atau apakah Presiden AS Joe Biden akan membiarkan perintah eksekutif itu tetap berlaku. [mg/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG