Tautan-tautan Akses

Vaksin Rusia, Sputnik V Terdaftar di 45 Negara


Seorang pekerja medis memegang jarum suntik dengan vaksin Sputnik V untuk melawan penyakit virus corona di pusat vaksinasi di St. Petersburg, Rusia. 24 Februari 2021. (Foto: Reuters)

Rusia menandatangani kesepakatan untuk memproduksi 10 juta dosis vaksin corona bernama Sputnik V untuk Italia tahun ini. Kesepakatan itu diumumkan hari Selasa (9/3) oleh Kamar Dagang Italia dan Rusia.

Kesepakatan ditandatangani oleh Adienne Srl, anak perusahaan Italia dari perusahaan farmasi yang berpusat di Swiss, dengan Dana Investasi Langsung Rusia.

Kamar dagang Italia-Rusia mengatakan, pihak berwenang Rusia sedang melakukan 20 kerjasama serupa di seluruh Eropa dan Sputnik V telah terdaftar di 45 negara di seluruh dunia.

Dana Investasi Langsung Rusia yang mendanai vaksin dan memasarkannya ke luar negeri mengatakan, produksi vaksin Sputnik V akan mencapai beberapa negara, termasuk India, Korea Selatan, Brasil, Tiongkok, Turki, Iran, serta Belarusia dan Kazakhstan.

Beberapa produsen di luar negeri telah memproduksi sejumlah sampel dari vaksin Rusia itu, tetapi ada dugaan bahwa sejauh ini belum memproduksinya dalam jumlah besar. [ps/lt]

XS
SM
MD
LG