Tautan-tautan Akses

PM Israel Lakukan Kunjungan Bersejarah ke India


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, kiri, disambut oleh Perdana Menteri India Narendra Modi, kanan, ketika tiba di bandara Palam di New Delhi, Minggu, 14 Januari 2018.

Benjamin Netanyahu tiba di New Delhi hari Minggu (14/1) untuk kunjungan pertama oleh seorang pemimpin Israel ke India dalam 15 tahun, yang memberi harapan akan hubungan yang lebih erat dengan negara kuat kawasan tersebut.

Netanyahu dan istrinya disambut di bandara internasional di New Delhi oleh Perdana Menteri Narendra Modi yang melakukan kunjungan bersejarah bulan Juli ketika ia menjadi pemimpin India yang pertama berkunjung ke Israel.

"Kunjungan ini adalah kesempatan untuk memperkuat kerjasama dengan negara kuat global dalam ekonomi, teknologi, dan pariwisata," kata Netanyahu dalam pernyataan sebelum kunjungannya.

"Perdana Menteri India Modi adalah sahabat erat Israel dan saya," kata Netanyahu.

Modi, yang akan menyertai Netanyahu untuk sebagian besar kunjungan lima harinya, memeluk perdana menteri Israel itu di bandara sebelum keduanya berangkat untuk memberi penghormatan di sebuah tugu peringatan pahlawan di ibukota India.

"Kunjungan Anda ke India bersejarah dan istimewa. Ini akan memperkuat lebih jauh persahabatan erat antara kedua negara kita," kata Modi melalui Twitter.

Netanyahu adalah perdana menteri kedua Israel berkunjung ke India dan yang pertama sejak Ariel Sharon tahun 2003.

Ia disertai oleh delegasi terbesar para pimpinan perusahaan Israel. Para pimpinan perusahaan teknologi, pertanian dan pertahanan termasuk di antara tokoh yang turut dalam kunjungan itu sementara Tel Aviv berusaha mencapai kesepakatan-kesepakatan dengan negara ekonomi yang ketiga terbesar di Asia itu. [gp]

XS
SM
MD
LG