Tautan-tautan Akses

PM Israel Kunjungi AS


Perdana Menteri Israel Naftali Bennett di Yerusalem, 1 Agustus 2021. (Abir Sultan/Pool Photo via AP)

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett tiba di Washington, Rabu (25/8), untuk kunjungan resmi selama dua hari. Bennett diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Joe Biden Kamis dan membahas saingan regionalnya, Iran.

Dalam sebuah pernyataan sebelum lepas landas, Bennett mengatakan prioritas utama dalam percakapannya dengan Biden adalah Iran, terutama mengenai pencapaian besar program nuklir Iran dalam dua hingga tiga tahun terakhir. Ia mengatakan masalah-masalah lain akan dibahas, termasuk keunggulan kualitatif militer Israel, pandemi virus corona, dan masalah ekonomi.

Kunjungan Bennett ke Washington berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan musuh bebuyutan regionalnya, Iran.

Israel juga sedang kesulitan menghadapi bangkitnya permusuhan di perbatasan selatannya dengan Jalur Gaza, yang mulai terjadi sekitar tiga bulan setelah perang 11 hari dengan kelompok militan Islam Hamas.

Bennett dijadwalkan bertemu dengan pejabat senior Gedung Putih, termasuk Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin pada Rabu. Pada hari berikutnya, ia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Biden. (ab/uh)

XS
SM
MD
LG