Tautan-tautan Akses

PM Inggris Theresa May menolak mengatakan apakah ia tahu tentang laporan kegagalan ujicoba misil tidak bersenjata 'Trident'.

Perdana Menteri Inggris Theresa May menolak mengatakan apakah ia tahu tentang laporan kegagalan ujicoba misil tidak bersenjata yang diluncurkan dari lepas pantai Florida tahun lalu.

May hari Minggu (22/1) mengatakan kepada BBC bahwa “ia sangat yakin” dengan kekuatan sistem penangkal nuklir Inggris, tetapi tidak menjawab secara langsung ketika ditanya tentang dugaan kegagalan ujicoba itu.

Perdana Menteri itu ditanya tentang ujicoba misil tersebut setelah suratkabar Sunday Times melaporkan bahwa sebuah misil tidak bersenjata yang diluncurkan dari kapal selam di lepas pantai Florida Juni lalu, melaju keluar dari target dan justru mengarah ke Amerika.

Suratkabar itu mengatakan kegagalan itu ditutupi menjelang debat di parlemen tentang masa depan misil jenis Trident tersebut.

Pemerintah Inggris belum mengukuhkan laporan Sunday Times tentang salah sasaran itu. Sejumlah anggota kelompok oposisi mendesak dilakukan penyelidikan terhadap hal tersebut. [em/ii]

XS
SM
MD
LG