Tautan-tautan Akses

PM Inggris Ditekan untuk Rilis Laporan soal Campur Tangan Rusia


PM Inggris Boris Johnson

Seorang pejabat senior oposisi Inggris, Partai Buruh, mengatakan, bocoran dari sebuah laporan parlemen tentang campur tangan Rusia dalam politik Inggris memunculkan pertanyaan penting tentang pemilihan umum bulan depan di negara itu.

Sebuah penyelidikan selama 18 bulan oleh parlemen Inggris, atau komite intelijen lintas partai, menyimpulkan Rusia ikut campur dalam referendum Brexit pada 2016, meskipun komite itu tidak bisa menyimpulkan dampak sebenarnya.

Pembocoran kesimpulan laporan itu, yang diterbitkan oleh Sunday Times, menambah tekanan pada PM Boris Johnson untuk menerbitkan temuan lengkap dari penyelidikan itu sebelum warga Inggris pergi ke TPS pada 12 Desember.

Emily Thornberry, jurubicara urusan luar negeri Partai Buruh, mengatakan, pembeberan campur tangan Rusia kemungkinan telah mengganggu jalannya referendum Brexit menimbulkan pertanyaan bagaimana pemilihan bulan depan seharusnya diamankan.

Kalau laporan itu tidak segera diterbitkan oleh PM Johnson, maka “orang berhak menanyakan: apa yang disembunyikannya dari publik Inggris dan mengapa,” demikian ditambahkan oleh Emily. (jm/ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG